About Free Tips

banner5656

Free Tips has many free blogger templates just for you. The collection has more than 20 templates and will be added regularly. You can choose template that suits your need and your taste. Feel free to download. You can go through this link to see the collection here.

Menkeu Minta BI Jelaskan Tambahan Utang IMF

Minggu, 23 Agustus 2009
Jakarta: Bank Indonesia (BI) diminta memberikan penjelasan mengenai implikasi kepada Indonesia, terkait rencana Dana Moneter Internasional (IMF) menambah modal dan cadangan devisa bagi negara-negara anggotanya. "Kita sebagai anggota, dalam hal ini diwakili Gubernur BI, mungkin perlu menjelaskan secara baik mengenai apa artinya keanggotaan itu dan bagaimana implikasinya pada semua anggotanya," kata Plt Menko Perekonomian/Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Gedung Utama Depkeu Jakarta, Senin (17/8).

Menkeu menjelaskan, rencana IMF menambah modal dan meningkatkan alokasi cadangan devisa di negara-negara anggotanya merupakan hasil kesepakatan pertemuan G-20. "Itu keputusan berdasarkan G-20 pada tingkat pimpinan yang kemudian harus diadopsi pada level keseluruhan anggota yaitu melakukan kenaikan secara menyeluruh kepada 184 negara anggotanya," katanya kepada ANTARA.
Menurut Menkeu, dengan keputusan itu maka komposisi kapital atau modal maupun hubungannya dengan cadangan devisa di masing-masing negara berubah sesuai dengan komposisi perubahan modal itu. Ia menyebutkan, saat ini masih banyak masyarakat termasuk pengamat yang tidak memahami mekanisme keanggotan dalam IMF. Kenaikan cadangan devisa itu juga dipahami sebagai pemberian pinjaman kepada negara anggotanya, padahal Indonesia sudah memutuskan tidak menggunakan fasilitas IMF pada 2009 dan 2010. Menkeu mengatakan, "Saya rasa dalam hal ini IMF perlu menjelaskan kepada masyarakat."

Sebagaimana diketahui, penambahan modal IMF itu merupakan hasil pertemuan para menteri keuangan dari kelompok negara G-7 dan G-20, di Washington DC, Amerika Serikat, pada 25 April silam. Pertemuan ini menindaklanjuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di London, awal April lalu, dimana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani hadir mewakili Indonesia. Hasilnya, mengkulminasi suntikan dana sebesar 1,1 triliun dolar AS ke dalam institusi multilateral seperti IMF, untuk membantu memerangi resesi global yang meluas.

0 komentar:

banner125125 banner125125 banner125125 ads_box ads_box ads_box
 

Followers